-

MOST RECENT


|

Beasiswa Norwegia Menggiurkan

Oslo Yanuar Priyadi peraih Talisman Award 2008 menempuh studinya dari beasiswa pemerintah Norwegia. Setiap tahun tersedia beasiswa dari jenis Quota hingga Norad.

Beasiswa pemerintah Norwegia kepada mahasiswa asing termasuk Indonesia itu untuk studi S2 dan S3 di University of Oslo (Oslo), NTNU (Trondheim), Norwegian University of Life Sciences(As), University of Bergendan Agder University(Kristiansen), Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Oslo Mansyur Pangeran kepada detikcom, Jumat (18/7/2008).

Ada beberapa jenis beasiswa menarik yang diberikan kepada mahasiswa asing antara lain beasiswa Quota. Beasiswa ini berbentuk 70% loan dan 30%grant. Jika penerima beasiswa setelah lulus memilih kembali ke negara asalnya, maka loan tersebut dikonversi menjadi grant, tidak perlu dikembalikan. 

Tetapi, jika penerima beasiswa setelah lulus memilih bekerja dan menetap di Norwegia atau bekerja di negara selain negara asal, maka yang bersangkutan harus membayar kembali loan 70% tersebut dan boleh dicicil selama 20 tahun.

Beasiswa jenis lain adalah Norad yang full scholarship. Beasiswa ini sejak 2007 sudah berubah nomenklaturnya menjadi Noma. Beasiswa tidak lagi untuk individu, tetapi diberikan melalui institusi di negara berkembang yang ditunjuk.

Berikutnya beasiswa Stavanger University Fund (industrial scholarship) yang bersifat full scholarship. Beasiswa ini hanya ada di Teknik Perminyakan pada University of Stavanger. Dananya berasal dari konsorsium perusahaan minyak yang ada di Norwegia. Salah satu penerima beasiswa ini adalah Yanuar Priyadi. Proses pendaftaran beasiswa dapat dilakukan langsung melalui internet, www.uis.no

Selain itu terdapat juga beasiswa studi human rights (HAM), yang dikelola oleh Norwegian Center For Human Rights (NCHR) dengan dukungan dana dari pemerintah Norwegia. Setiap tahun NHCR memberikan jatah dua mahasiswa Indonesia untuk studi HAM di UIO. (es/es) 

Artikel Terkait:



Posted by Bahar.Nor on 5:55 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Beasiswa Norwegia Menggiurkan"

Leave a reply

Terima Kasih Sebab Anda Telah Sudi Berkunjung ke Blog Portal thatbest...

News Update

Web hosting


Free TV Online

Recently Commented

Recently Added