-

MOST RECENT


|

Hapus Virus Pakai Cara Manual


BETAPA jengkelnya Putri Maisarah saat menemukan komputernya jadi super lelet. Muncul file aneh dan yang parahnya, file-file di dalam komputernya hilang. Dara yang akrab disapa Uty ini segera tahu kalau komputernya terjangkit virus. “Padahal sedang perlu-perlunya ama komputer nih,” katanya kepada Serambi, Jumat (7/9).

Ia pun mencoba berbagai cara termasuk memakai trik dari internet. “Ada banyak cara yang disarankan untuk menghapus virus secara manual di komputer. Pertama, scan komputer dengan Antivirus yang bisa menunjukkan path virus di registry. Ini dilakukan supaya dapat mengetahui lokasi di registry yang terinfeksi virus,” kata gadis kelahiran Banda Aceh, 14 April 1994 ini.

Cara kedua, sambungnya, buka msconfig.exe dan lihat pada startup. Biasanya, sambung mahasiswi D3 Jurusan Keuangan dan Perbankan Fakultas Ekonomi Universitas Syiah Kuala ini,  virus akan meninggalkan command pada startup, agar ketika komputer dihidupkan, virus juga otomatis hidup.

Sedangkan cara ketiga adalah dengan melihat secara detail, apakah ada Startup Item yang terasa ganjil. Jika ada, coba dihapus centangnya dan klik apply. Tapi kata Uty, sepertinya cara tersebut tak akan berhasil, karena dengan mengklik F5 atau refresh page, maka file tersebut ternyata tercentang kembali. Hal ini dikarenakan file tersebut hanyalah budak dari file induk virus yang kita tidak tahu dimana lokasinya,” paparnya.

Trik keempat, tambah Uty dengan cara mengecek kebenaran file virus. Dalam kasus ini, letak file virusnya adalah seperti yang tertera di Command. “Lihat di TKP apa benar. Tapi sebelumnya kita harus menyetting agar seluruh file dapat terlihat, karena biasanya file virus sifatnya sangat tersembunyi. Jadi, di windows explore klik Organize>>Folder and Search options. Lalu pada view>>Hapus centang pada Hide protected operating system files (Recommended),” rincinya.

Ia menyarankan untuk benar-benar teliti sebelum menghapus file virus apalagi jika nama file virusnya ternyata mirip dengan file-
file windows.(ami)

data diri
Nama: Putri Maisarah (Uty)
Lahir: Banda Aceh, 14 April 1994 
Pendidikan: D3 Keuangan dan Perbankan FE Unsyiah
Aktititas: Model S-One Atjeh and Oeceka Vokal
Prestasi:    Juara 2 Lomba Puisi Se-Sumatra 2008, Juara harapan 1 Tarian Aceh Se-Sumatra 2009, Finalis Citra Medan 2009
Ayah/Ibu: Bukhari Armas/Darnawati

Editor : hasyim
Sumber: Serambinews.com

Artikel Terkait:



Posted by Bahar.Nor on 2:06 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Hapus Virus Pakai Cara Manual"

Leave a reply

Terima Kasih Sebab Anda Telah Sudi Berkunjung ke Blog Portal thatbest...

News Update

Web hosting


Free TV Online

Recently Commented

Recently Added