-

MOST RECENT


|

Beasiswa Unggulan untuk Entrepreneur Muda

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia menggandeng PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) dalam program beasiswa khusus bagi entrepreneur muda. Bertajuk Beasiswa Unggulan Teknologi Industri Kreatif (BUTIK) CIMB Niaga, program ini ditujukan bagi para mahasiswa yang juga merupakan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang melandaskan usahanya pada prinsip sosial dan lingkungan (eco-social entrepreneurship).

Persyaratan umum program ini adalah, pendaftar merupakan warga negara Indonesia (WNI) berusia maksimal 25 tahun saat mengikuti program BUTIK. Program ini terbuka bagi mahasiswa dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh Indonesia. Pendaftar adalah mahasiswa semester lima untuk jenjang S-1 dengan IPK minimal 2,75 selama empat semester berturut-turut, dan semester tiga untuk jenjang pendidikan vokasi dengan IPK minimal 2,75 selama dua semester berturut-turut. 

Selain itu, pendaftar juga harus memiliki usaha aktif sedikitnya enam bulan, menyerahkan laporan usaha, dan lolos seleksi yang ditetapkan oleh CIMB Niaga dan Kemendikbud. Syarat usaha sudah berjalan selama enam bulan ini tidak harus dibuktikan melalui surat berbadan hukum, tetapi dapat memberikan bukti otentik waktu usaha mulai berjalan.

Secara khusus, penyelenggara program mencari kandidat penerima beasiswa yang telah melaksanakan inisiatif usaha yang berorientasi pada solusi masalah eco-sosial. Kandidat juga harus mampu memberi rencana pengembangan usaha yang efektif, berkesinambungan, dan bermanfaat bagi masyarakat. 

Selain itu, pendaftar juga harus memiliki rekening CIMB Niaga dan mampu memberikan rencana stategis penggunaan produk perbankan CIMB Niaga sebagai pendorong laju pengembangan usahanya. Jika beruntung, penerima BUTIK CIMB Niaga akan mendapatkan biaya pendidikan, biaya hidup dan subsidi modal usaha.

Nah, jika semua kualifikasi tadi sudah terpenuhi, saatnya menyiapkan berkas lamaran yang diperlukan. Dalam berkas tersebut, lampirkan fotokopi KTP, fotokopi transkrip nilai yang sudah dilegalisasi selama empat semester berturut-turut, dan fotokopi kartu tanda mahasiswa (KTM) dan surat keterangan dari kampus yang menyatakan bahwa kita masih terdaftar sebagai mahasiswa di kampus tersebut.

Berkas ini juga harus dilengkapi dengan laporan bisnis dengan konten berikut ini: 
- Bab I:  Esai minimal 500 karakter yang menampilkan Profil Bisnis. Esai ini disertai dokumen pendukung company profile dalam format .pdf. 

- Bab II:  Laporan keuangan yang meliputi Harga Pokok Penjualan,  Harga Jual Produk/Jasa, Laba Kotor per Unit,  Laporan Total Penjualan, Total Laba Kotor per Bulan, Biaya Operasional per Bulan, dan Laba Bersih. 

- Bab III: Esai minimal 500 karakter tentang cara pemasaran produk. 

- Bab IV:  Esai minimal 500 karakter berisi paparan rencana stategis penggunaan produk perbankan CIMB Niaga sebagai pendorong laju pengembangan usaha. 

- Bab V: lampiran-lampiran berupa foto dokumentasi aktivitas bisnis, maksimal tiga; fotokopi rekening transaksi tiga bulan terakhir; fotokopi laporan keuangan tiga bulan terakhir, jika lolos seleksi, maka peserta wajib menunjukkan laporan keuangan asli; dan legal dokumen seperti akta notaris, surat izin usaha, tanda daftar perusahaan (jika ada).

Pendaftaran program BUTIK CIMB Niaga ini dibuka hingga 28 September 2012. Pendaftaran dilakukan secara online melalui email ke cimbniagascholarship@cimbniaga.co.id. Ingin informasi lengkap, silakan klik laman http://scholarship.cimbniaga.com.(rfa)

Sumber: Okezone.com

Artikel Terkait:



Posted by Bahar.Nor on 2:10 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 comments for "Beasiswa Unggulan untuk Entrepreneur Muda"

Leave a reply

Terima Kasih Sebab Anda Telah Sudi Berkunjung ke Blog Portal thatbest...

News Update

Web hosting


Free TV Online

Recently Commented

Recently Added